Minggu, 26 Februari 2017

Perbedaan Pembelajaran di SD ku dulu dengan Pembelajaran di SD sekarang

Pendidikan adalah bagian terpenting untuk kehidupan manusia. Dengan adanya pendidikan manusia dapat menciptakan kualitas hidup seperi berakhlak yang baik. Menurut saya pembelajaran saat saya bersekolah di SD dulu dengan pembelajaran di SD sekarang mengalami banyak perubahan.

Perbedaan yang saya rasakan setelah mengunjungi SD ku dulu yang paling menonjol dengan  model belajar. Dimana dulu, ketika saya di sekolah guru selalu mengajar mengunakan media papan tulis dan kapur tulis lalu siswa mencatat pelajaran yang ditulis oleh guru. Tapi sekarang tiap kelas sudah di sediakan LCD, sehingga guru tidak perlu lagi menulis di papan tulis. Sebagian besar guru mengajar mengunakan power point dengan hal seperti itu ternyata siswa lebih tertarik untuk memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru. Siswa juga tidak perlu mencatat materi yang sedang disampaikan guru, melainkan sebelum guru menjelaskan materi siswa diminta untuk mencetak materi yang sudah disediakan oleh guru. Dengan seperti itu siswa dapat memperhatikan materi yang disampaiakan guru dengan lebih fokus dan siswa dapat menanyakan hal-hal yang tidak diketahuinya. Model pembelajaran dulu siswa mencata apa yang ditulis guru di papan tulis ternyat membuat waktu pembelajaran menjadi kurang efekfit. Dimana siswa akan menghabiskan waktu untuk menulis sehingga pemahaman mereka kurang terhadap materi tersebut.


Sebagai guru yang kreatif tentunya akan memanfaatkan media teknologi untuk merancang media pembelajaran yang menarik agar siswa tidak bosan dengan media belajar ceramah. Biasanya guru dalam mengajar banyak mengunakan power point, video motivasi, dan sebagainya. Diera saat ini pembelajaran mengunakan ITC sangat diperlukan untuk membuat susana dikelas tidak membosankan, untuk itu calon guru harus dapat memenfaatkan faselitas tersebut. 

1 komentar: