Senin, 01 Mei 2017

Sejarah Hari Pendidikan Nasional

Hari Pendidikan


Tanggal 2 Mei merupakan hari yang di tetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional di Indonesia. Kenapa tanggal 2 Mei ?  Karena 2 Mei adalah hari kelahiran Ki Hajar Dewantara, Beliau merupakan tokoh pendidikan Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa. Sehingga tanggal 2 Mei selalu di peringatati sebagai hari pendidikan nasional setiap tahunnya.

Ki Hajar Dewantara merupakan orang Indonesia yang hidup pada masa kolonialisme Belanda. Dalam masa tersebut Ki Hajar Dewantara selalu berani menentang kebijakan yang di buat oleh pemerintah Belanda. Beliau menentang karena pada masa itu hanya orang kaya yang bisa menikmati pendidikan sedangkan orang miskin tidak dibolehkan untuk mengenyam pendidikan. Karena keberaniannya menentang pemerintah Belanda, Ki Hajar Dewantara di asingkan ke Belanda, dan selama di Belanda Beliau banyak belajar tentang pendidikan. Setelah beberapa tahun di Belanda akhirnya Beliau kembali ke Indonesia dan mendirikan sebuah lembaga pendidikan yang bernama Tama Siswa atau yang sekarang di kenal sebagai musium Ki Hajar Dewantara. Setelah kemerdekaan Indonesia Ki Hajar Dewantara diangkat sebagai mentri pendidikan. Tut Wuri Handayani merupakan semboyan yang di pakai Ki Hajar Dewantara dalam pendidikan Indonesia.

Dengan perjuangan Ki Hajar Dewantara tersebut masyarakat Indonesia sampai saat ini bisa mengenyam pendidikan. Sehingga pemerintah menetapkan hari kelahirannya 2 Mei sebagai hari pendidikan nasional di Indonesia sebagai rasa hormat karena jasa-jasa Beliau dalam memperjuangkan pendidikan di Indonesia.

Sebagai calon guru di Indonesia saya merasa bangga karena dengan keberanian yang Beliau lakukan membuat perubahn pada Indonesia. Ketika saya menjadi guru nantinya saya akan membangkitkan rasa keberanian pada anak didik saya nantinya agar mereka bisa lebih mengembangkan pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Sebagai bentuk memperingati hari pendidikan nasional tersebut beberapa sekolah memperingati dengan berbagai hal. Mulai dengan upacara peringata 2 Mei dan ada beberapa sekolah yang memperingatinya dengan mengenakan pakaian batik.



1 komentar: