Sabtu, 11 Maret 2017

Cara Membuat Soal dengan VBA

Hay sobat semua, hari ini aku mau berbagi unek-unek ku nih. Ada yang tau tentang apa ? seperti tertera di judul aku mau ngasih tau sobat semua tentang cara mengunakan VBA. Tentunya kalian bertanya-tanya apa VBA ? Nah setelah kemaren aku mendapat mata kuliah ITC dan tanya kesana kemari aku dapat menyimpulkan bahwa VBA merupakan aplikasi yang sudah secara otomatis ada di  Microsoft Office. 

Apa sih kegunaan dari VBA? Nah kegunaan dari VBA itu salah satunya untuk membuat soal atau quiz mengunakan Microsoft Office. Microsoft Office yang aku pakai adalah Microsoft PowerPoint. Sebelumnya aku sedikit bingung saat diberi penjelasan tapi setelah praktik langsung tenyata lebih mudah. Ayo sobat semua simak penjelasan dari ku ya. 
1. Buka aplikasi Microsoft PowerPoint yang ada dileptop.
2. Pada slide pertama tuliskan sedikit informasi tentang cara pengerjaannya dan buatlah tombol yang bertuliskan "Star / Mulai"
3. Selanjutnya buka slide baru sesuai dengan jumlah soal. Setiap soal satu slide.
4. Lalu tambah lagi satu slide untuk penutup dan juga buat tombol untuk mengecek skor.
5. Setelah itu tekan Alt + F11 untuk memunculkan jendela macro. Lalu pilih Insert > Module dan
kemudian menulisakn rumusnya sebagai berikut:

Dim nilai As Integer
Dim konfirmasi As String
Sub mulai_kuis()
nilai = 0
ActivePresentation.SlideShowWindow.View.Next
End Sub
Sub benar()
konfirmasi = MsgBox("Yakin dengan jawaban anda?", vbYesNo, " Cek Jawaban!")
If konfirmasi = vbYes Then
nilai = nilai + 1
ActivePresentation.SlideShowWindow.View.Next
End If
End Sub
Sub salah()
konfirmasi = MsgBox("Yakin dengan jawaban anda?", vbYesNo, " Cek Jawaban!")
If konfirmasi = vbYes Then
ActivePresentation.SlideShowWindow.View.Next
End If
End Sub
Sub cek_skor()
MsgBox (" Jawaban anda yang benar adalah " & nilai)
konfirmasi = MsgBox(" Ingin Mengulangi kuis? ", vbYesNo)
If konfirmasi = vbYes Then
ActivePresentation.SlideShowWindow.View.First
End If
If konfirmasi = vbNo Then
ActivePresentation.SlideShowWindow.View.Next
End If
End Sub

6. Tutup jendela macro.
7. Lalu pada slide pertama klik tombol "Star/Mulai" > Insert>Action>Run Macro> Mulai Kuis dan seterusnya untuk slide kedua dan seterusnya.
8. Terakhir simpan file anda dengan format PPTM (PowerPoinMacro-EnabledPresentation)

Itu lah salah satu yang saya peroleh dari mata kuliah ITC. VBA ini menurut saya sangat membantu guru untuk membuat soal atau quiz menggunakan media elektronik. Mengingat diabad 21 ini perkembangan teknologi semakin ditingkatkan terutama di bidng pendidikan. Sebagai calon guru saya merasa senang bisa belajar membuat soal dengan VBA ini. Hal ini dapat menjadikan calon guru untuk lebih kreatif dalam pemberian soal. Agar siswa tidak malah untuk mengerjakan dan menarik minat siswa untuk belajar karena quiz mengunakan VBA seperti kita main game.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar