Senin, 20 Maret 2017

Ujian Nasional 2017


Ujian Nasional atau sering di sebut UN merupakan hal yang selalu membuat mendebarkan saat mendengar kata "UN". Melalui ujian uasional ini kita dapat menunjukan kemampuan yang kita perolaeh selam bersekolah, selain itu dari hasil ujian yang memuaskan kita dapat melanjutkan sekolah ke tempat yang kita ingingkan. Ujian nasional berlangsung setiap tahun atau pada semester 2 akhir. Ujian nasional ini berlaku untuk Sekolah Dasar kelas VI, Sekolah Menengah Pertama kelas III, dan Sekolah Menengah Keatas kelas III. Adapun peraturan atau tata tertib terkait dengan ujian nasional dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan namun perubahan itu tidak lah terlalu terlihat. namun Ujian Nasional untuk tahun 2017 ini sangat berbeda dengan Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya. Di tahun sebelumnya ujian masih mengunakan lembar soal dan lembar jawab kertas dan mengisi mengunakan pensil. tapi unituk ujian nasional 2017 ini sudah banyak yang mengunakan komputer.

Di daerah temapt saya tinggal, untuk ujian nasional tahun 2017 ini yang menggunakan ujian berbasis komputer masih sedikit apalagi untuk SD belum menerapkannya. Dari informasi-informasi di daerah tempat tinggal saya yang sudah atau akan melakuakn ujian nasional dengan komputer berasal dari SMA/SMK karena sarana dan prasaranan yang sudah cukup memadahi, untuk SMA/SMK hampir seluruh dareah mengunakan ujian nasional dengan komputer. Sedangkan untuk SMP kebanyakan belum mengunakan ujian dengan komputer dikarenakan masih kurangnya sarana dan prasarana yang ada dan untuk SD apalagi di SD tempat saya tinggal belum adanya lep komputer dan jaringan internet yang masuk daerah tersebut masih kurang stabil. Selain itu siswa juga belum paham tentang cara pengunaan komputer sehingga untuk tahun ini SD tersebuat masih menggunakan ujian dengan kertas dan pensil. Namun saya dengar-dengar SD tersebut masih mengusahakan untuk tahun berikutnya dapat mengikuti ujian nasional dengan komputer.

Ujian nasional mengunakan komputer itu saya rasa lebih baik karena tingkat kecurangan dan kejujuran siswa tidak dapat di lakukan lagi. Saya dengar-dengar biasanya kecurangan dalam ujian tertulis ada beberapa siswa yang membeli kunci jawaban dari pihak tertentu. Tetntunya hal ini sudah tidak asing lagi untuk didengar. Hampir menjelang ujian nasional isu-isu tentang kunci jawaban sering beredar ke siswa-siswa. Saya terkadang bingung kenapa pihak-pihak tersebut bisa mendapatkan kunji jawaban tersebut padahal penjagaan dan pengiriman soal ujian nasional sudah dijaga dengan baik. Terus apakah jawaban itu benar atau cuma dibuat-buat oleh oknum tertentu untuk mendapatkan keuntungan. Nah, siswa yang tidak berfikir secra kritis tentu akan tergiur untuk membeli kunci jawaban. Bahkan siswa rela mengeluarkan uang hanya demi membeli jawaban yang belum tentu benar. Jumlah pastinya uang yang digunakan untuk membeli kunci jawaban tersebut saya juga tidak tahu sekitar berapa karena alhamdulillah saya belum mengalaminya dan insaallah tidak akan mengalaminya. Nah, teman-teman untuk itu kita tidak usah menghiraukan isu-isu tersebut yang belum tentu kebenarannya. Mengarjakan soal ujian sekolah itu tidak lah sesulit yang kita bayangkan. Soal-soal yang keluar pasti tidak jauh dari yang sudah dipelajari sebelumnya.Dengan adanya ujian nasional komputer ini bisa lebih dapat mengukur kemampuan siswa dalam belajar karena bentuk kecurangan yang kemungkinan kecil.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar